Hina Nabi Muhammad, Blog kena Blog

Posted on November 21, 2008 by

7



Umat Islam di Indonesia maupun di seluruh penjuru jagad raya dunia digegerkan lagi dengan kasus penghinaan nabi Muhammad SAW. Kasus yang menghebohkan Umat Islam tersebut dilakukan oleh seseorang (kami tidak menyebutkan namanya) melalui media elektronik berbasis internet. Orang yang secara sengaja melakukan penghinaan terhadap Nabi Muhammad menggunakan media blog, sebagai media makarnya terhadap Nabi Muhammad SAW. Dalam melakukan aktivitas makarnya dia memanfaatkan penyedia layanan situs gratisan (wordpress / salah satu media blogging yang terkenal saat ini).

Dalam blognya yang bernama “Lapotuak” yang berbentuk kayak komik, dimana di dalam blognya dia memberikan gagasan atau opini yang melecehkan nabi Muhammad SAW.
Selain itu dalam blognya juga berisikan pandangan-pandangan miring yang menyudutkan suku,agama,ras,dan golongan. Pembuat blog yang tidak bermoral tersebut memanfaatkan media internet dalam hal ini blog,sebagai media pemecah belah umat dan bangsa. Untuk itu kita sebagai umat Muslim jangan terpancing dengan sikap adu domba mereka [pembuat blog “Lapotuak”–red]. Karena sebenarnya rencana besar mereka adalah “melihat umat dan bangsa ini tercerai berai”.

Setelah mendengar kabar tersebut pemerintah Indonesia melalui Depkominfo segera mengambil sikap dan langkah. Melalui Menteri Komunikasi dan Informasi, bapak Muhammad NUH segera memberikan instruksi untuk memblog [menutup hak akses] blog tersebut. Selain itu Depkominfo juga menginstruksikan kepada polisi cyber Mabes Polri untuk mencari dan menindak pembuat blog “Lapotuak” untuk diadili.

Masih teringat dibenakku ketika ada majalah asal Denmark yang mengekspos perihal tersebut. Seperti yang dilakukan oleh majalah asal denmark dulu [maaf aku lupa namanya],dimana dalam majalah yang berbentuk karikatur Nabi, juga berisikan opini-opini yang menghina nabi Muhammad SAW. Menurutku ku munculnya blog yang bertemakan seperti majalah asal Denmark hanya ingin bikin sensasi para pengguna dunia cyber. Mungkin dia kehabisan bahan untuk dipublish di dunia maya. Jadi dia membuat tema yang yang begitu sangat kontroversial guna meningkatkan trafik rank blognya.

Ya dengan kejadian tersebut dapat diambil pelajaran bahwa umat Islam harus bisa selektif dalam mencari dan memanfaatkan media informasi. Dan jangan sampai umat Islam terpengaruh bisikan adu-domba kaum kufar [ingkar]. Selain itu umat Islam dihimbau kontribusinya / partisipasi dalam dunia cyber untuk menangkal beredarnya blog / site yang berisikan tema yang mempropagandakan nabi Muhammad SAW dan umat Islam.

Posted in: Tahukah Anda